November 4

Kuliah Umum Fitogeografi

Pada hari Jumat, 28 Oktober 2016, diadakan kuliah umum Fitogeografi di ruang multimedia Fakultas Kehutanan UGM. Pada kesempatan ini, kami kedatangan dosen tamu dari negara Filipina tepatnya dari University of Bohol yaitu Mr. Tomas D. Reyes, Jr., Ph. D. serta seorang mahasiswa asal Amerika yaitu James. Kuliah umum ini dimoderatori oleh Bapak Atus Syahbudin selaku dosen kami.

Sistem pembelajaran dengan mendatangkan dosen tamu dari luar negeri menurut saya sangat bagus untuk mahasiswa. Di samping mahasiswa perlu memahami keadaan kehutanan di Indonesia, mahasiswa juga perlu mengetahui bagaimana keadaan di luar negeri. Saat itu, Mr. Thomas menjelaskan tentang Plant Diversity di Filipina, mulai dari keadaan geografis Filipina, cara mahasiswa Filipina dalam mengenal jenis pohon, sampai jenis pohon mangrove di sana. Beliau sangat antusias saat menjelaskan mengenai pepohonan di Filipina membuat kami ikut semangat mendengarkannya.

Mr. Thomas juga memberitahu bahwa mahasiswa kehutanan di Filipina diharuskan untuk menghafal 400 jenis pohon lengkap dengan jenis, spesies, dan familinya termasuk ciri-cirinya. Sedangkan mahasiswa Kehutanan UGM diharuskan menghafal 70 pohon saja. Saya sempat terkejut, karena 70 pohon saja saya masih malas-malasan dan mengeluh. Hal ini tentu kami jadikan motivasi untuk terus belajar dan menambah jangkauan dalam mengenal pohon di Indonesia. Karena wilayah Indonesia sangatlah luas dibandingkan Filipina, namun teknologi serta ilmu pengetahuan mereka justru lebih maju dan efisien.

Selain itu, Mr. Thomas juga membagikan tips langkah-langkah untuk mengenal pohon lebih dekat :

  1. Melihat langsung di lapangan, dengan kita melihat langsung, otomatis kita tidak mengada-ngada atau mengira-ngira dalam mengidentifikasi karena kita bisa sembari menyentuh sehingga lebih mudah mengingatnya.
  2. Mencatat hasil identifikasi, hasil dari identifikasi sebelumnya dicatat dalam kertas yang berisi kolom-kolom identifikasi tumbuhan tersebut.
  3. Memfoto gambar, dengan mengambil foto tumbuhan tersebut, hal ini dapat lebih membantu kita dalam mengingat tanaman tersebut.
  4. Membaca, kita juga perlu belajar dari buku-buku panduan, internet, atau surat kabar agar kita bisa memperoleh informasi lebih banyak mengenai tumbuhan tersebut

Pengalaman yang sangat berharga dapat belajar bersama Mr. Thomas, semoga kedepannya mahasiswa kehutanan Universitas Gadjah Mada bisa lebih peduli dan berkemauan untuk mengenal pepohonan dan tidak hanya mengenal namun mengelolanya.


Copyright 2021. All rights reserved.

Posted November 4, 2016 by widya.c in category "Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.